Perbedaan Tepung Beras dan Tepung Terigu

banner 120x600
BANNER-LB-KAKEK21
Tepung beras
Tepung Terigu

Selain bisa digunakan untuk membuat Kue, tepung juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat gorengan. dari sekian banyaknya jenis tepung, kali ini kita akan membahas Tepung Beras dan Tepung Terigu.

Meski sebetulnya berbeda, masih menganggapnya sama, Nah agar tidak salah penggunaan berikut pembahasan perbedaaan tepung terigu dan tepung beras yang harus di pahami.

BANNER-LB-KAKEK21
  • Terbuat dari bahan dasar berbeda
    Perbedaan dasar kedua tepung ini adalah bahan dasarnya. Tepung terigu yang berwarna putih cerah terbuat dari gandum yang digilling dengan tambahan gluten di dalamnya.

    Sementara tepung beras dibuat dari beras yang digiling halus, berbeda dengan tepung terigu, tepung beras tak menggunakan gluten.

    • Berbeda dari segi jenis

    Banyak yang anda ketahui kalau tepung beras atau tepung terigu memiliki beberapa jenis. tepung terigu memiliki tiga jenis mulai dari tepung terigu tinggi protein, tepung terigu protein sedang dan tepung terigu protein rendah.

    Sedangkan untuk tepung beras memiliki dua jenis yakni tepung beras ketan dan tepung beras non ketan. Tepung yang ketan terbuat dari beras yang memiliki campuran dari beras ketan putih.

    • Perbedaan dari tekstur

    Perbedaan kali ini kita membahas dari segi teksturnya. Meski keduanya berwarna putih namun teksturnya jelas berbeda. Tekstur tepung terigu yang terbuat dari gandung akan terasa kasar dengan butiran kecil.

    Sedangkan Tepung beras, teksturnya jauh lebih halus dan lembut. butirannya seragam bila kita eluskan dengan tangan akan terasa halus.

    • Fungsi dan kegunannya

    Tepung terigu terdiri tiga jenis yang berbeda masing- masing tentunya memiliki Fungsi yang berbeda. Tepung terigu tinggi protein berguna membuat adonan yang mudah mengembang kue dan Bolu.

    Kemudian tepung tepung terigu protein sedang cocok untuk di gunakan adonan fermentasi seperti bakpao, donat dan onde. sedangkan tepung terigu rendah protein lebih sering di pakai adonan kue kering seperti gorengan.

    Sementara Tepung beras berfungsi untuk menambah tekstur kenyal pada jenis makanan, biasanya tepung ini lebih sering di pakai untuk membuat kue tradisional.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *